Relay

blok-rele3

———————————————————————————————-

RELE

Berasal dari teknik telegrafi, dimana sebuah coil di-energize oleh arus lemah, dan coil ini menarik armature untuk menutup kontak. Rele merupakan jantung dari proteksi sistem TL, dan telah berkembang menjadi peralatan yang rumit. Rele dibedakan dalam dua kelompok :

    1. Komparator: Mendeteksi dan mengukur kondisi abnormal, dan membuka/menutup kontak (trip).

    2. Auxiliary relays: dirancang untuk dipakai di auxiliary circuit yang dikontrol oleh rele komparator, dan membuka/menutup kontak-kontak lain (yang umumnya berarus kuat).

read more…

——————————————————————————————–

Rele Proteksi trafo dan fungsinya

Jenis rele proteksi pada trafo tenaga adalah sebagai berikut :

1. Proteksi Utama :

a. Rele Diferensial (87T)

n Membandingkan arus yang masuk dan yang keluar dari peralatan, jika ada selisih melebih setting rele akan kerja

n Sangat cocok untuk proteksi terhadap gangguan suatu peralatan karena tidak perlu koordinasi dengan rele lainnya è waktu kerja bisa dibuat secepat mungkin

n Sensing CT diambil dari Primary Transformer dan Line CT di Bus supaya VR ikut terproteksi

Rele ini berfungsi untuk mengamankan transformator terhadap gangguan hubung singkat yang terjadi didalam daerah pengaman transformator dapat dilhat pada gambar di bawah ini

read more…

——————————————————————————————

RELE ARUS LEBIH

Sistem proteksi pada saluran udara tegangan tinggi menggunakan rele arus lebih dan rele gangguan tanah sebagai proteksi cadangan lokal (local back up protection). Rele arus lebih atau OCR (Overcurrent Relay) merupakan rele yang bekerja ketika arusnya melebihi ambang-batas setelan yang telah ditentukan sebelumnya. Rele arus lebih memiliki beberapa karakteristik kerja yaitu :


read more…

——————————————————————————————–

Rele Jarak Sebagai proteksi Saluran Transmisi

20 April, 2008

RELE JARAK SEBAGAI PROTEKSI
SALURAN TRANSMISI

Sistem transmisi memegang peranan yang sangat penting dalam proses penyaluran daya. Oleh karena itu pengaman pada saluran transmisi perlu mendapat perhatian yang serius dalam perencanaannya. Sistem transmisi sendiri merupakan sistem dinamis kompieks yang parameter‐parameter dan keadaan sistemnya berubah secara terus menerus. Oleh karena itu strategi pengamanan harus disesuaikan dengan perubahan dinamis tersebut dalam hal desain dan seting peralatannya. Rele sebagai salah satu bagian penting dalam system pengamanan saluran transmisi

read more…

——————————————————————————————-

Macam Rele

Rele proteksi dapat dibagi tergantung pada proteksi dan prinsip kerjanya sebagai berikut[4] :

a.       Rele elektromagnetik : yang bisa digerakkan dengan arus AC dan DC dengan prinsip pergerakan besi magnetik, besi jangkar dan lain-lain, untuk menggerakkan kontak.

read more…

——————————————————————————————-

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JANGKAUAN RELE JARAK

1 Resistansi Gangguan

Rele jarak harus dapat membedakan antara kondisi normal berbeban dan kondisi saat terjadinya gangguan. Rele dengan karakteristik kerja mho seperti ditunjukan pada gambar 6 akan bekerja apabila impedansi yang terukur oleh rele berada di dalam lingkaran. Jika resistansi gangguan meningkat, rele jarak akan sulit untuk membedakan antara impedansi gangguan (ditambah resistansi) dengan impedansi beban. Dalam menentukan jangkauan setelan rele jarak, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah impedansi saat beban maksimum harus berada di luar daerah kerja rele jarak.

read more…

——————————————————————————————-

POLA PENGAMAN TELEPROTEKSI RELE JARAK

Untuk dapat meningkatkan koordinasi waktu sistem proteksi pada saluran udara tegangan tinggi, diperlukan suatu peralatan yang dapat mengirim dan menerima sinyal dari satu atau beberapa rele di satu Gardu Induk (GI) ke rele di GI yang lain. Peralatan teleproteksi merupakan peralatan yang dapat mengirim dan menerima sinyal (data or logic status) dari satu rele ke rele yang lain. Dikarenakan jarak antara satu gardu induk dengan gardu induk yang lain cukup jauh maka diperlukan suatu media komunikasi yang dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal. Saluran komunikasi yang digunakan dapat berupa serat optik (fiber optic), Power Line Comunication (PLC) atau melalui gelombang mikro (microwave).


read more…

——————————————————————————————-

ZONA PROTEKSI RELE JARAK

Telah disebutkan bahwa rele jarak dapat digunakan sebagai proteksi utama maupun sebagai proteksi cadangan jauh (remote back-up protection) untuk saluran transmisi yang berdekatan. Daerah kerja rele jarak pada umumnya dibagi menjadi tiga zona yang dikoordinasikan dengan zona proteksi saluran transmisi seksi berikutnya agar tidak terjadi kondisi overlapping. Dasar pemilihan zona pengamanan rele jarak yang diaplikasikan adalah sebagai berikut

read more…

——————————————————————————————-

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: