ZONA PROTEKSI RELE JARAK

ZONA PROTEKSI RELE JARAK

Telah disebutkan bahwa rele jarak dapat digunakan sebagai proteksi utama maupun sebagai proteksi cadangan jauh (remote back-up protection) untuk saluran transmisi yang berdekatan. Daerah kerja rele jarak pada umumnya dibagi menjadi tiga zona yang dikoordinasikan dengan zona proteksi saluran transmisi seksi berikutnya agar tidak terjadi kondisi overlapping. Dasar pemilihan zona pengamanan rele jarak yang diaplikasikan adalah sebagai berikut :

1. Zone 1 Setting

Pemilihan daerah atau zona satu harus mencakup daerah sejauh mungkin dari saluran yang diamankan tetapi tidak boleh melampaui saluran di depannya. Setelan jangkauan yang digunakan adalah sebesar 80 % dari impedansi saluran transmisi yang diproteksinya. Adanya marjin sebesar 20 % dari saluran transmisi adalah untuk menjamin bahwa zona satu rele tidak akan melebihi (over-reaching) saluran transmisi yang diproteksinya. Over-reaching rele dapat disebabkan kesalahan-kesalahan pengukuran dari CT, PT, data saluran dan lain-lain.

Gambar 3.5. Setelan zona proteksi rele jarak

…………………………………………………………(3.1)

Keterangan :

ZL1 = Impedansi saluran transmisi yang diamankan

2. Zone 2 Setting

Daerah zona dua harus dapat menjangkau sisa saluran transmisi yang tidak dapat diamankan oleh zona satu, tetapi tidak boleh overlapping dengan jangkauan zona dua dari saluran transmisi seksi berikutnya. Zona dua harus di setel dengan waktu tunda atau time delayed agar dapat dikoordinasikan dengan rele di ujung terminal yang lain. Waktu tunda ini diperlukan untuk menjaga agar rele tidak trip secara langsung (instantaneous) untuk gangguan di luar saluran transmisi yang diproteksinya. Dengan mengasumsikan adanya kesalahan-kesalahan seperti pada penyetelan zona satu (CT error atau PT error), maka didapat penyetelan minimum dan maksimum untuk zona dua adalah:

………………………………………………………(3.2)

……………….……………………(3.3)

Keterangan :

ZL1 = Impedansi saluran transmisi yang diamankan

ZL2 = Impedansi saluran transmisi seksi berikutnya yang terpendek

k = faktor infeed

Jika pada saluran transmisi seksi berikutnya terdapat beberapa cabang, untuk mendapatkan selektivitas yang baik maka setting zone-2max diambil pada saluran transmisi seksi berikutnya yang terpendek (ZL2), hal ini dimaksudkan agar jangkauan zona dua maksimum tidak melebihi jangkauan minimum zona dua dari saluran transmisi seksi berikutnya.

Jika pada gardu induk di depannya terdapat trafo daya, maka jangkauan zona dua sebaiknya tidak melebihi impedansi trafo. Hal ini dimaksudkan jika terjadi gangguan pada sisi tegangan yang lebih rendah, rele tidak akan bekerja.

………………………………………………..……(3.4)

keterangan :

K = bagian trafo yang diproteksi, nilai k direkomendasikan sebesar 0.5

3. Zone 3 Setting

Zona tiga rele dapat berfungsi sebagai pengaman cadangan untuk saluran transmisi seksi berikutnya, sehingga di set agar dapat meliputi seluruh saluran transmisi seksi berkutnya yang terpanjang (ZL3). Penyetelan jangkauan zona tiga adalah :

……………………………………………………(3.5)

………………………………………………..(3.6)

Keterangan :

ZL1 = Impedansi saluran transmisi yang diamankan

ZL3 = Impedansi saluran transmisi seksi berikutnya yang terpanjang

k = faktor infeed

Untuk pemilihan zona tiga dipilih nilai terbesar antara Zone-3min dan Zone-3max. Jika pada gardu induk di depannya terdapat trafo daya, maka jangkauan zona-3 sebaiknya tidak melebihi impedansi trafo. Jika terjadi kondisi overlapping dengan zona tiga seksi berikutnya maka waktu tunda zona tiga dapat dikoordinasikan waktunya dengan waktu tunda zona tiga seksi berikutnya.

……………………………………………………..(3.7)

Keterangan :

K = bagian trafo yang diproteksi, nilai k direkomendasikan sebesar 0.8

—————————————————————————–

Baca lebih jelas di: zona-proteksi

====================================================

Bagi siapa saja yang ingin memberikan pendapat, saran, pertanyaan, artikel, iklan maupun salamnya atau apapun itu, mengenai website qtop.wordpress.com silahkan kirimkan email anda ke cristof.nh@gmail.com ,, ditunggu…

For who that want to give opinion, suggestion, question, article, advertise also the greetings or whatever that, about website qtop.wordpress.com please send your email to cristof.nh@gmail.com ,,, waited…

2 Responses

  1. mas saya mau tanya, kalo yang saya baca dari buku power system protection and switchgear, karangannya ravindranath, kok disebutin kalo zona proteksi justru harus overlap, untuk menghindari ada bagian dari sistem yang tidak terproteksi.

    mungkin mas bisa menjelaskan lebih lanjut, karena saya masih awam juga.

    terimakasih..

  2. Maap mas wisnu.. bisa minta linknya tidak… Yang dimaksud Zona Proteksi dari Relay kah??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: