Tips Motor

Karburator

Bengkel Motor: Tips dasar (4)

Gejalanya:

  1. Waktu mo jalanin motor pas, pas ngelepas kopling kok rasanya mesin malah mau mati, kalo gas ditambah malah ngempos trus koit.

  2. Waktu ngelepas kopling dan mau narik gas penuh kok motor malah ngeden kayak jalan ditempat disertai dengan suara knalpot-mesin yang mbrebet-brebet batuk-batuk berdahak-dahak uhuk-uhuk ehek-ehek. Itu tandanya jarum Skep setelannya kurang pas bro.

Cara mengatasinya:

Lepas aja tutup atas kaburator angkat skep dan pernya lalu keluarkan jarum dari pengganjal skep. Bisa keliatan tuh ada klip di got jarum. Standarnya sih di tengah. Kalo mesin masih standar mending di taro tengah aja ring-nya

  1. Untuk masalah 1 diatas itu karena setelan terlalu keatas (irit bensin) makanya mesin koit karena kekurangan bensin (campuran avgas kurus).

  2. Untuk masalah 2, karena setelan terlalu kebawah (boros bensin) makanya mesin mbrebet karena kebanyakan (campuran avgas gemuk) bensin terlalu memaksa masuk ke dalam ruang bakar. Parahnya gua dulu pikir ini karena ruang silinder motor tua gua kotor dan kudu dibersiin, ternyata ruang bakar masih bersih dan baut silindernya malah patah gara-gara kekencengan muternya, apes deh tuh motor uzur.

Setting Karburator:

    • Setting setelan udara atau adjust screw di karburator. Peranti ini bekerja hanya 0 hingga 1/8 putaran gas, karena itu percuma setting sembari full throttle!

    • Slow jet atau yang biasa mekanik sebut pilot-jet. Peranti ini berfungsi untuk mengail tenaga mesin di putaran bawah, bekerja hingga hingga seperempat putaran gas atau power mesin,”

    • Jet needle alias jarum skep. Nah, komponen ini bertugas untuk bermain di putaran gas seperdelapan hingga setengah putaran gas.

    • Needle jet. Jangan salah kaprah juga ya. Antara Jet needle dengan Needle jet ini punya perbedaan, meski namanya hampir serupa. Jika jet needle adalah jarum, maka needle jet adalah tempat masuknya jarum skep. Nah, bagian ini berfungsi mulai dari seperempat hingga full throttle.

    • Main-jet. Benda bulat dengan lubang di tengah ini, biasa disebut spuyer. Prinsip kerjanya, mengatur debit bensin yang masuk ke dalam intake. Main-jet, mulai berfungsi di putaran gas setengah hingga penuh. Biasanya nyetingnya sembari geber full trottle! Tapi, untuk setting di mesin standar harus mengikuti anjuran pabrik, Misal jika diharuskan memutar screw 2,5 putaran, ya harus 2,5 putaran.

(Untuk motor korek harian (kohar) atau racing):

    • Langkah ini bisa ditempuh jika seting main-jet dan pilot-jet serta jet needle tidak maksimal. “Ketimbang mengakali dengan diperbesar pakai jarum rojok, mending mainkan lubang needle-nya,”

    • Jika mainkan gaya rojok akan berpengaruh pada gap antara jarum dengan dinding needle. “Jarak harus 0,043 mm. Lebih dari itu semakin ada celah yang tidak tertutup saat jarum masuk. Bocor dong nanti,”

    • Hanya saja perlu diketahui! Peranti yang juga sebagai rumah main-jet inipunya perbedaan antara karbu Keihin dan Mikuni. Pada Keihin, bagian atas needle-jet terpisah dengan nosel. Mikuni jadi satu kesatuan. Secara prinsip kerja, perbedaan ini tak jadi kendala.

    • Lanjut! Benda ini punya lubang di sekitar lingkaran. Dalam saluran ini, udara dicampur bahan bakar sebelum keluar dari needle-jet.

      • Bila motornya dah dikorek apa boleh jarumnya diturunin 1 tingkat? Bagaimana kinerja jarum skep ma spuyer pada derasnya komposisi bensin udara? Kalo dengan mengeser jarum skep bisa membuat bensin lebih boros ato lebih irit buat apa lagi kita harus gonta-ganti spuyer?

  • kalo ringnya mo diturunin ya gpp asal gejala pada masalah satu dan dua diatas tidak terjadi….. dan yg jelas naiknya ring akan membuat bensin lebih irit, sedangkan turunnya ring akan membuat bensin lebih boros.

Look articles that related on page Otomotif

Lihat artikel yang berhubungan pada halaman Otomotif

2 Responses

  1. bos gini nich ane ada masalah ama motor tigi ane kalau ane abis tarik gas terus ane lepas gas kok mesin kaya mau mati ya kira-kira apanya selain karbu ada yang lain ngak
    tanks

  2. Gini ya boss… kalo cuma dikasih tau gitu doang mah, ane mah cuma bisa ngasih tau umumnya…
    Kalo menurut ane nih, coba cek dulu yang simpel2 seperti businya coba deh dah ane tulis tuh di salah satu artikel ane di https://qtop.wordpress.com/2008/05/16/tips-motor-2/..
    Yang gampang2 dulu… OK??
    Kalo masih binun coba deh kasi tau rinci2 jelasnya.. sori ya.. kalo ngga puas////

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: