Tips Motor

Setingan Basah atau Kering

Bengkel Motor: Tips dasar (3)

Istilah “Setingan Basah/Kering” sering kita dengar dikalangan pecinta motor baik 2tak ato 4tak. Dan umumnya anak2 pecinta motor sudah gak asing lagi dengan hal tsb. Istilah yang lain dikenal juga dengan “Campuran kaya/Miskin” dll. Istilah2 tsb adalah perbandingan komposisi campuran udara+bensin yang diatur pada Karburator. Istilah Setingan Basah atau kaya berarti perbandingan komposisi bensin lebih banyak dari udara dari komposisi normal pada karburator. Dan setingan Kering ato miskin berarti kebalikannya. Untuk mengetahui setingan karbu kita basah ato kering dapat kita baca dari teriakan mesin, ato bisa jg dengan melihat warna kepala busi kita. Kalo warna kepala busi kita merah bata itu berarti setingan kita normal ato seimbang antara bensin & udara dst.

Untuk mendapatkan posisi setingan basah/Kering, pada karburator piranti2nya adalah spuyer,pilot,jarum skep,baut setingan angin dll. Prinsip kerja karburator adalah memberi pasokan bahan bakar+udara yg telah dikabutkan ato mirip dengan kalo kita liat semprotan anti nyamuk yg manual pake pompa tangan. Bensin yg ditampung pada mangkok karburator akan dikabutkan akibat daya tarik/(sedotan udara) piston waktu piston tsb bergerak kebawah. Dan piranti2 dikarburator yg disebutkan diataslah yg akan mengatur berapa komposisi bensin yg akan dikabutkan bersama udara.

Penyetelan setingan kering ato basah sebenarnya lebih ditujukan ato lebih mengacu pada kebutuhan permintaan kebutuhan mesin anda masing2. Apalagi mesin2 yg sudah dikorek. Sebaiknya kita membaca teriakan mesin agar kita dapat menetukan setingan yg pas buat mesin. Pada mesin2 korekan yg agak keras ada beberapa mekanik yg cenderung memberi setingan basah pada motor2nya, Karena Karakter korekan yg dibikinnya menuntut pasokan bahan bakar lebih banyak guna mengimbangi kompresi yg tinggi serta gerakan naik turun piston dipaksa untuk lebih cepat dari mesin standar, sehingga pembakaran tetap terjaga konstan dan padat pada putaran yg sangat tinggi ato untuk putaran atas. Tapi ada juga mekanik yg memiliki type korekan ato gaya modifikasi mesin yg berbeda prinsipnya sehingga kalo pada putaran tinggi diberi setingan basah malah motor pembakarannya kurang bersih ato istilahnya blebek ato ngorok ato banyak lagi istilahnya.

Jadi kebutuhan setingan basah ato kering lebih cocok diterapkan pd motor kita disesuaikan dengan kebutuhan mesin kita sendiri sesuai dengan type ato korekan ato modifikasi yang telah diterapakan pada mesin tsb. Coba kenali dan raba naiknya teriakan2 mesin kita pada setiap tingkat percepatan, lakukan seting angin yg tepat juga cari kombinasi spuyer ato pilot yg benar2 pas. Disarankan bagi yang belum paham benar dengan seting karbu agar meminta guide ato petunjuk pada mekanik ato rekan2 yg sudah paham untuk menghidari hal2 yg tidak diinginkan. Nah kalo setingan karbu ente sudah pas.. pasti tenaga Raja anda akan lebih responsif.

Yang ngaruhin setingan basah and kering selain faktor mesin ada lagi yang lain. yaitu udara, udara itu penting buat nentuin settingan mesin apa basah ato kering. jadi setelan jakarta ama Bandung beda brur. soalnya dari kebutuhan udara yang di perluin karburator. biasanya klo setelan bandung di bawa ke jakarta pasti basah, soalnya di bandung udaranya sedikit jadi setinggannya aga basah. beda lagi klo di jakarta, udara di jakarta banyak and rata2 motor jakarta di bawa ke bandung pasti kering bangget and minta setel ulang pas sampe bandung.

Berdasar pengalaman temen bolak-balik jkt-bdg, setting yg paling kering di jkt, begitu sampai padalarang udah mulai terlalu basah, biasanya tambah bukaan angin 1/4 lagi baru agak lumayan, Tapi kalo udah dibawa lebih ke atas, ampun deh, misalnya ke Lembang atao ke Ciwidey, kudu bongkar karbu ganti2 spuyer lagi yg lebih kering. Nah sebaliknya pas pulang, (selalu lewat Jonggol) sampai Cariu, mesin udah mulai kekeringan, jadi tutup lagi putaran angin 1/4 seperti semula.
Ini tergantung juga keadaan malam atau siang, karena udara dingin di malam hari lebih padat, motor cenderung kering, kalau siang udara panas, udara mengembang, setting cenderung lebih basah.

Look articles that related on page Otomotif

Lihat artikel yang berhubungan pada halaman Otomotif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: