Tips Mobil

Tips Ringan untuk mobil

Bengkel Mobil: Tips dasar (1)

Boys, gw pengen banget bisa ngerti mesin mobil, biar gw bisa jadi personelnya “pimp my ride” and bahagian _dia. Apa daya kemampuan kurang boys, Cuma dasar doang. Tenang gw percaya umur gw masih panjang dan pasti gw punya waktu untuk memperlajarinya. Liburan ini bakal gw pake buat gawe di bengkel mobil. Hahaha…

  • Tips dari gue, terutama buat yang punya great corolla yang ac nya kurang adem (hehehe.. ada temen gw tuh yang bawa corolla ke kampus, paling dia udah tau):

  1. Engine off

  2. Coba geser ke kanan/kiri temperatur adjusternya yang ada di dashboard en orang yang satunya lagi ngeliat di ruang mesin/firewall dekat intake plenum ada kabel kawat yang ikut gerak nyodok tuas pipa sirkulasi heater.

  3. Lepasin tuh kabel kawat dari tuas en pastikan tuasnya bener-bener close.

  4. Udah …start your engine en coba aja hasilnya

Analisa: ternyata meski temp. adjusternya disetel mentok (kiri), kabel kawat yang nyodok tuas pipa sirkulasi heater itu ngga sepenuhnya nutup, jadi masih ada air panas radiator yang bersirkulasi.

Advantage: AC JADI ICE COLD meski temp. adjusternya disetel paling kanan en kompresor kerjanya bisa optimal

disadv: SORI HEATERNYA NGGA JALAN (kalo mau dipake pasang aja lagi)

  • Setiap kali mo nyuci boil:

  1. Cuaca::..

  2. Beli shampoo yang consntrate, jangan yg liquid,.suka menipu,.kadang2 jumlah number of use-nya gak sebanding sama uang kita bayar buat produk itu…..

  3. K’lo mo pake semir ban / foam buat mengkilatin ban,….dianjurkan setelah mencuci, bukan sebelum ato barengan nyuci, terutama yg pake shmapoo perawatan,..hahahaha, mubazir…trus kalkulasi’in jarak waktu penyemprotan dengan kapan kita mo pake lagi tuh boil,…sebetulnya bentar aja juga dah bisa, tapi ntar setelah dipakai, shine-nya beda sama yg didiemin selama 1 jam gitu…

  4. Nyucinya dari atas/roof mobil terus turun ke bawah/kolong. Roof yang perlu diperhatiin itu di lipatan talang air en daerah mounting roof rack (karat?). Buat bodi yang perlu diperhatiin itu di sela-sela sign lamp, grill, bumper opening, engsel pintu & kap mesin/bagasi, karet2 pintu dan pintu bagian bawah. Kalo perlu pake kuas 1/4″ buat ngilangin kerak debu di engsel, en kalo udah kasih WD40. Buat mesin, kalo bisa pake engine degreaser/cleaner buat ngilangin bekas gum oli dengan air low pressure, hati-hati ama daerah sekitar distributor cap/plug wire, electrical komponen yang ada (terutama buat mobil injection) kalo perlu dicoveri ama plastik. Buat future safety, dalemnya distributor cap/plug wire disemprot ama WD40 biar waterproof. Buat kolong, yang mesti diperhatiin itu sekitar spakbor/fender roda, dibaliknya plastic cover fender (ini biasanya sedan), komponen suspensi (dudukan spiral terutama) + belakang pelek, belakang bumper, etc.

  5. Waxing, prinsipnya ada dua, buat polishing itu buat ngilangin baret-baret ringan, jamur, noda air hujan, dll. pilih yg traditional paste wax (Kit) atau yang lain, yang penting CONTAINS NO SILICONE. Buat Buffing, pake wax yang ada CARNAUBA-nya – hasilnya bener-bener wet look.

Note : anything contains silicone jangan kena bodi mobil atau masuk mesin mobil (oli yang ada silikon/PTFE nya seperti Slick 50, Duration, atau wax mobil merek Sanpoli, dll) ini bahan really hazardous to yr car en tidak ramah lingkungan pula ::hua::

    • Butuh octane lebih gede?

Mudah saja… beli octane booster, trus masukin ke gtanki bensin pas lagi ngisi bensin. Kalo gua, biar campuran antara octane booster and bensin rata, biasanya per yaaa +/- 1/4 ngisi, gantian ngisi booster, trus lanjutin ngisin bensin… trus udah 1/2, stop lagi bentar gantian ngisi booster, trus udah 3/4 gantian ngisi booster dah gitu lanjutin ngisi bensin, trus udah trus aja gitu sampe full tank. :

Look articles that related on page Otomotif

Lihat artikel yang berhubungan pada halaman Otomotif

2 Responses

  1. Guys.klo mau ilangin baretan di body bawah mobil itu buat nyaruin nya dulu bagusnya an bersihnya pake apa ya?? Thx

  2. Ketok Magic aja kali yee.. hehe.. Soalnya kalo Pake Wash.. kek kit gt.. buat baret kecil tuh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: