Tips motor

Servis Motor

Bengkel Motor: Tips dasar (1)

Lebih baik mencegah daripada mengobati—tuh prinsip utama segala hal mengenai maintenance.

Yupz, di dalam perawatan otomotif pun itu berlaku. Ada nasehat yang aku pegang yaitu: “Inget, motor (kendaraan) lo selalu bersama-sama lo. Perlakukan motor lo seperti cewe lo, maka motor lo ngga akan mengecewakan lo” Ya, kira-kira gitulah nasehatnya. Berikut perawatan motor dasar:

  1. Hehehe,.. cek bensin dulu ya (saran tiap hari, sori ni dari pengalaman justru motor 4 tak yang sering lupa mengisi bensin daripada motor 2 tak)

  2. Cuci Motor seminggu sekali biar bersih (ini penting loh apalagi kalo mencuci sendiri, coz lo bisa tau kalo ada masalah or kelainan dengan melihatnya sendiri)

  3. Cek bannya masih kasar apa udah tipis. Tipis, buru-buru ganti!

  4. Cek sistem ‘kelistrikan’ pada motor, bila ada masalah (ada yang tidak biasa) langsung curigai aki.

  5. Ganti oli samping tiap 1-2 bulan sekali untuk 2 tak

  6. Ganti oli mesin tiap 1 bulan sekali untuk 4 tak, 3 bulan sekali untuk 2 tak. Ko gitu? Iya coz di motor 2 tak oli mesin tidak terlalu berpengaruh bagi perut mesin motor itu sendiri karena yang sangat berperan dalam menjaga ‘seher’ yaitu oli samping

  7. Bersihkan karburator, lubang angin. Inget dan hafalkan letak-letak dari main pilot, jet pilot, dll. Ingat jangan memakai minyak tanah, pakai selalu bahan bakar yang dipakai, bila bensin maka pakai bensin. Biasanya untuk pemula susah, makanya pertama-tama butuh instruktur tuh, tapi kalo sendiri jangan takut, gw juga gitu ko, lo tinggal menghafalkan saja letak2nya. Ini namanya servis besar.

  8. Dah dibersihin karburatornya. Hehehe biar lebih sip setting tuh karburatornya (basah/kering). Inget sesuai dengan kondisi iklim sekitar motor lo. Kalo ngga ngerti langkah ini di skip aj ngga apa-apa asal setingan standarnya jangan dirubah.

  9. Cek sistem pengapian, terutama pada busi (nanti gw kasih tipsnya ditulisan selanjutnya). Kalo untuk motor vespa, masalah ini yang sering terjadi dan paling penting dirawat. Ngeceknya pun tinggal dilihat api yang muncul dari busi bila catu awal (‘diengkol’). Buru dilihat tuh sebelum merembet ke yang lainnya.

  10. Mesin, listrik, api udah. Sekarang alat geraknya. Yups. Rantai cek girnya dah tumpul apa belum. Biasanya sih 8-10 bulan sekali harus ganti gir set rantai. Jangan Cuma gir belakang, depan juga penting, bila ‘oglek’ lihat gir dapan apa as gir mesin yang udah aus. Pokoknya, kalo salah satunya aus, buru ganti! (_che’q_)

Bah itu aja kali, coz motor gw dirawatnya kaya gitu doank. Gampang kan. Kalo dah biasa mah gampang, yang paling penting tuh nyediain waktu doing, ya kan? Boys and girl satu hal yang penting dan dipegang oleh orang-orang bengkel yaitu pada dasarnya semua mesin motor dengan merek apapun mesin 2 atau 4 tak itu sama bila kita mengerti dasarnya maka kita tinggal “sok tahu” pada mesin baru. (Ini rahasia loh)

Look articles that related on page Otomotif

Lihat artikel yang berhubungan pada halaman Otomotif

One Response

  1. Betul pak…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: