Tips Motor

Masalah Busi

Bengkel Motor: Tips dasar (2)

Pengapian?!! Ya busi aktor utamanya dalam pementasan sebuah kecepatan. Kali ini yang pengen gw kasih tau tuh hasil pembakaran yang terlihat pada ujung elektroda pengapian busi. Cek nih:

  1. Warna abu-abu atau agak kecoklatan

Ini warna normalnya. Ya iyalah, logikanya besi kalo dibakar pasti agak kecoklatan kan?

  1. Warnanya agak gosong atau hitam

Butuh disetel tuh elektrodanya, coz biasanya udah bergeser, Cek pasokan udara atau bensin pada karburator. Salah satunya pasti kelebihan, Ada kotoran pada tempat businya (dasar banget kan?)

  1. Warna hitam mengkilap dan agak basah

  • Biasanya oli mesinnya ngga sesuai yang disarankan (kelebihan/kekurangan), Penggunaan choke yang berlebihan pada saat mesin menyala, Sering ngebut padahal pengapiannya kecil (maksa mesin)

  1. Berkerak kaya tertutup kapur

  • Kualitas bensin jelek. Jangan beli di pom bensin itui lagi, Oli merembes ke ruang pengapian, Pada mesin injection, ada kesalahn pada pemakain oli. (Pake endure 4T bangsa untung, lo?)

  1. Warna putih dan ujung elektroda agak meleleh

  • Cek pasokan udara atau bensin pada karburator. Salah satunya pasti kekurangan, Butuh disetel tuh elektrodanya, coz biasanya udah bergeser, Apinya terlalu besar.

Look articles that related on page Otomotif

Lihat artikel yang berhubungan pada halaman Otomotif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: